JNE Express merupakan layanan penerimaan dan pengiriman barang hampir ke seluruh daerah di Indonesia. Sangat layak untuk diperhitungkan dari harga, kualitas, hingga ketepatan waktu. Namun, hal tersebut tak terlepas dari masalah paket yang tidak sampai.

Bagaimana Cara Komplain Paket JNE Express yang Tidak Sampai?

JNE memang sudah berpengalaman dalam di bidang pengiriman barang. Namun bukan berarti semuanya lancar, pasti ada kendalanya, entah itu keterlambatan pengiriman, paket hilang ataupun rusak.

Komplain Layanan Jne
Cara Komplain Layanan JNE via Twitter @JNE_ID

Jika Anda merasa menggunakan jasa ekspedisi ini dan paket tak kunjung sampai, begini cara komplainnya:

1. Melalui Nomor Customer Care

Anda harus cek resi terlebih dahulu sebelum melakukan komplain. Periksa bagaimana statusnya, apakah bermasalah atau tidak? Jika statusnya diterima atau stagnan di satu tempat dalam jangka waktu yang lama, baru kemudian hubungi nomor customer care.

Silahkan Anda hubungi nomor resmi JNE di (021) 29278888, tunggu hingga operator menjawab dan tekan tombol ekstensi sesuai dengan kebutuhan Anda. Jelaskan dengan detail permasalahan apa saja yang Anda alami dan mereka akan membantu menemukan solusinya.

2. Melalui Email Pengaduan

JNE Express selain menyediakan nomor customer care juga ada email pengaduan khusus untuk paket yang tidak sampai.

Caranya Anda bisa mengetikkan “paket bermasalah” pada kolom subjek, kemudian isi deskripsi permasalahan dan lampirkan nama penerima, pengirim, nomor HP yang masih aktif dan foto paket (jika ada).  Kirimkan email di atas ke customercare@jne.co.id.

3. Melalui Halaman Ask Joni

Tahukah Anda bahwasanya JNE menyediakan halaman bernama Ask Joni yang berlaku juga untuk layanan Express. Tujuannya agar pelanggan bisa menghubungi kapanpun ketika membutuhkan, termasuk komplain paket yang tidak sampai. Caranya sebagai berikut:

Ask Joni Support Center Jne
Ask Joni Support Center JNE
  • Buka halaman Ask Joni di https://www.jne.co.id/id/hubungi-kami/ask-joni.
  • Isilah data yang diminta seperti nama, alamat, email dan nomor HP. Jangan lupa juga untuk menyiapkan nama pengirim, penerima dan nomor resi agar JNE bisa mengecek dimana lokasi paket Anda.
  • Isi pesan sesuai dengan permasalahan yang ingin Anda ajukan.
  • Klik send message dan tunggu sebentar, admin akan merespon Anda melalui nomor telepon.

4. Kirim Pesan ke Sosial Media Resmi

Kirim pesan ke media sosial resmi JNE merupakan cara yang paling mudah karena tinggal membuka Handphone dan mencari akunnya saja. Cara ini sangat layak untuk dicoba, berikut link media sosial JNE Express:

Apakah ada format khusus? Tidak ada, samakan dengan komplain lewat email. Pastikan Anda selalu menggunakan bahasa yang baik dan sopan, ya!

5. Datang Langsung ke Kantor JNE

Anda sudah mencoba beberapa cara di atas dan tak kunjung mendapatkan jawaban? Langsung saja datang ke kantor JNE di cabang terdekat. Solusi ini dianggap paling efektif untuk Anda yang tidak sabar menunggu kabar paket.

Terlebih jika ternyata paket tersebut merupakan barang yang penting. Tanyakan langsung kepada petugas tentang status paket dan permasalahan yang terjadi. Sekali lagi, jangan lupa membawa nomor resi ya agar prosesnya lebih cepat.

Pihak JNE akan melakukan follow up darimana paket tersebut dikirimkan, kondisi terkini lengkap dengan tracking siapa nama kurir yang membawanya.

Apabila masalah sudah ditemukan dan ternyata paket tidak memungkinkan untuk sampai pada Anda, biasanya mereka akan menawarkan refund.

Anda bisa melakukan komplain paket JNE jika memang status paket diterima, tapi tidak sampai di tangan atau ketika stagnan di satu tempat. Inilah pentingnya melakukan tracking nomor resi terlebih dahulu sebelum melakukan komplain agar tidak merepotkan pihak ekspedisi.

Write A Comment