JNE merupakan salah satu jasa pengiriman barang yang paling berpengalaman di Indonesia, karena sudah berdiri sejak tahun 90-an. Tidak heran jika pelanggan JNE jauh lebih banyak dibandingkan jasa pengiriman paket lainnya.

Agar tetap mampu bersaing dengan jasa pengiriman terbaru lainnya, JNE mengklasifikasikan produk layanan yang dimiliki menjadi 3 jenis. Produk tersebut adalah JNE Yes, Oke, dan Reguler. Agar mengerti kelebihan dan kekurangan masing-masing produk, pastikan Anda mampu membedakannya dengan melihat penjelasan berikut ini.

Layanan ekspedisi JNE Express
Layanan ekspedisi JNE Express

JNE Yes (Yakin Esok Sampai)

Produk ini adalah salah satu layanan premium yang dimiliki oleh JNE. Sesuai namanya JNE Yes (Yakin Esok Sampai) bisa mengantarkan paket pelanggannya dengan estimasi barang sampai ke tujuan maksimal esok hari.

Keunggulan produk ini tentu bisa dilihat dari kecepatan pengirimannya. Sangat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki kebutuhan mendesak untuk mengirim paket.

Karena termasuk produk premium, tentu harga yang ditawarkan juga jauh lebih mahal. Selain itu, jarak pengiriman yang berbeda-beda membuat layanan ini hanya berlaku untuk jarak kirim yang sekiranya bisa dijangkau dalam satu hari saja.

JNE Oke

JNE Oke adalah istilah yang mengambil dari singkatan kata Ongkos Kirim Ekonomis. Produk ini sangat cocok digunakan untuk mereka yang memiliki dana terbatas untuk mengirim paket pada orang tertentu.

Sayangnya, kecepatannya pengirimannya cukup lama karena harus menunggu dengan pengguna layanan JNE Oke lainnya. Selain itu, pengiriman barang yang masih ada di dalam kota tidak bisa menggunakan layanan ini.

Oleh sebab itu, layanan JNE Oke baik digunakan untuk mengirim paket yang sifatnya tidak mendesak. Kurang cocok digunakan pada pebisnis online karena tidak maksimal dalam mengantarkan paket pelanggan.

JNE Reguler (REG)

Jika ingin melakukan pengiriman dengan tarif dan waktu standar, JNE Reguler atau JNE REG bisa menjadi pilihan yang sesuai. Pengiriman dengan produk Reguler ini bisa mencakup seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Untuk paket yang jauh dan harus menyeberangi pulau, maka pengiriman dengan produk JNE Reguler ini bisa sangat lama. Walaupun begitu, harga yang dikenakan sesuai dengan jarak tempuh dan lamanya proses pengiriman.

Keunggulan produk ini dibandingkan JNE Oke adalah adanya layanan pengecekan status pelayanan secara online. Jadi, Anda bisa mengecek keberadaan paket yang diantarkan ke lokasi tujuan melalui JNE airwaybill pada website resmi JNE.

Tabel Perbedaan Layanan Produk JNE

Jika masih bingung dengan perbedaan masing-masing produk yang ditawarkan oleh JNE, perhatikan tabel berikut untuk mengetahui faktor pembedanya secara detail.

Jenis PerbedaanJNE YesJNE OkeJNE Reguler
Perbedaan tarif per kilogramTarif paket yang dikirim menggunakan layanan premium ini jauh lebih mahal dibandingkan produk JNE lainnya.Memiliki tarif pengiriman yang paling murah dibandingkan layanan JNE Yes dan RegulerMenggunakan tarif standar pada umumnya. Biasanya harganya tidak beda jauh dengan jasa pengiriman paket lainnya.
Perbedaan kecepatan pengirimanPengiriman sangat cepat. Batas waktu maksimalnya sampai besok pagi atau hanya 1 hari.Waktu pengiriman paling lama dibandingkan produk JNE lainnya, walaupun jaraknya dekat. Waktu pengiriman paling cepat adalah 3 hari.Kecepatan pengiriman sesuai dengan jauhnya jarak yang ditempuh. Jika mengirim ke luar kota, estimasi pengiriman bisa sampai 7 hari lebih. Sementara untuk paket dalam kota paling cepat 2 hari.
Perbedaan jangkauan wilayahHanya berlaku bagi pengiriman paket di wilayah tertentu yang memungkinkan untuk mengirim paket dalam 1 hari.Tidak berlaku untuk pengiriman di wilayah yang ada di dalam kota sejak akhir 2017 lalu.Bisa digunakan untuk pengiriman paket di seluruh wilayah Indonesia.
Perbedaan fasilitas garansiMemiliki garansi uang kembali jika paket tidak sampai dalam 1 hari.Tidak memiliki garansi uang kembali dengan alasan apapun.Tidak memberikan jaminan garansi uang kembali.
Perbedaan waktu operasionalMelakukan pengiriman paket setiap hari, termasuk hari Minggu dan tanggal merah.Tidak melayani pengiriman paket pada hari libur, termasuk hari Sabtu dan Minggu.Tidak melayani pengiriman pada hari Minggu dan tanggal merah.
Tabel perbedaan JNE YES, OKE dan REG

Ketiga produk yang ditawarkan oleh JNE dalam memberi layanan kepada pelanggan terbilang sangat lengkap dan mewakili semua kebutuhan masyarakat. Untuk pelanggan menengah ke bawah, bisa mengirim paket dengan JNE Oke.

Sedangkan untuk pelanggan menengah ke atas atau  pelanggan yang membutuhkan pengiriman paket secara mendesak dan cepat, maka produk JNE Yes bisa membantu pengiriman paket yang mendesak tersebut.

Author

Berusaha mengirim paket tepat waktu dan tepat sasaran. Jika ada informasi yang kurang akurat, harap kontak saya lewat laman kontak yang ada di situs Paketmu.com.

Write A Comment